Kamis, 21 Juli 2011

amalkan ilmu walau cuman satu huruf

sering terharu kalo ngobrol ama ece( pembokat gue), cerita anaknya lah yang mau beli baju koko buat ceramah di sekolahnya. pengen beliin tapi gue sendiripun BOKE binti KERE. jadi gue harus melihat kondisi gue juga, kalo masih sama-sama membutuhkan jangan sok sok-an ngasih. heheehhe
kemaren abis ngobrol-ngobrol masalah sholat sunnah sama si ece.
"ta, ece mah pengen gituh sholat sunnah. tau bebacaannya husolli sunnatan apaaa gitu, tapi nggak tau doa-doanya"
"mau doa sholat apa?"
"sholat dhuha dulu deh, ece belom pernah. sayang nih umur udah tua pengen nyobain sholat sunnah"
gue tertegun mendengar kata-katanya yang agak menyindir gue. gue ajah yang masih di beli umur lebih muda dari si ece, untuk sholat wajib ajah masih males-malesan apalagi sholat sunnah.
"tau niatnya? apa?" tanya gue.
"usholli sunnatan duhaai rok'ataini mustak bilal ka'ba lillaahita'ala"
"yup, nanti doanya gita tulis yah ce"
ece tiba-tiba diam. "kenapa ce?"
"ece nggak bisa baca"
astagah, bertahun-tahun si ece kerja di rumah, gue lupa kalo dia nggak bisa baca.
"ece kan kalo bacaan surat juga apalnya udah lama, itu juga karena sering dengerin"
"ouh" agak kagum ajah, ece yang berunur 40tahunan masih semangat belajar dan nggak malu. sedangkan gue, untuk belajar sesuatu yang kecilpun rasanya malu banget. lebih pas di sebut GENGSI kali yah. DUH TAAAAA RUBAH RUBAH RUBAH...BERBUAT BAIK KOK MALU, TAPI BERBUAT DOSA MALAH DI BANGGA-BANGGAKAN...

"ece nggak minta ajarin anak ece?"
"hadoooooooh, anak ece? si ipan?" ipan anak laki-lakinya yang besar dan masih tinggal bareng ece. di umurnya yang kepala 4 ini dia masih punya dua tanggungan anak yang harus di biayain. ipan (22thn) dan oman(8Thn) "diamah kaga bakalan mau. padahal sholat rajin, doa-doa apal tapi nggak mau ngajarin ece".
"ya udah ikutin gita deh....doanya di baca setelah dzikir dan baca al-fatihah....allahumma inna duhaa-a duhaa-uka"
dengan antusiasnya ece ngikutin potongan doa setelah sholat dhuha. sempet terharu. gue yang masih bodoh ini udah bisa ngamalin ilmu. alhamdulillah
"ta, besok-besok sholat dhuha ajak ece. nanti gita doa. ece ikutin pake amin-aminnya"
"insyaallah ya ce soalnya gita sholat dhuhanya di tempat kerja"
pingin rasanya ngajak keluarga sholat sunnah, tapi ini malah pembokat yang di luar dari keluarga yang ngajakin sholat bersama.
ada rasa bangga dalam diri gue bisa amalin doa itu, dan dari obrolan tadi, seminggu ini gue ngajarin si ece potongan doa sholat dhuha "allahumma inna duhaa-a duhaa-uka" karena sebentar lagi si ece pulang kampung, jadi gue tulisin doa-doanya dan gue kasih ke anaknya yang masih SD untuk ngajarin emaknya doa dhuha.

thx GOD ilmuku yang secuil ini bisa membuat mereka senang....