Rabu, 23 November 2011

Dicurigai

siapa sih yang nggak bangga dapet nilai BAGUS. hampir mendekati sempurna alias dapet 90. waw amazing, excellent, ouh no. pokonya menakjubkan deh. apalagi buat gue.

seumur-umur selama kuliah belom pernah gue daet nilai 90. rata-rata nilai kuis dan ujian-ujian gue adalah 6kebawah mentok-mentok 0, hahahahaha 'ngenes'.

akhirnya setelah menimbah (hoyoh) ilmu bertahun-tahun di kampus, semester 7 ini gue dapet nilai yang cukup membanggakan yaitu 90....saat tau dapet sembilan puluh gue langsung jejingkrakan, guling-gulingan dan teriak nggak karuan(dalem hati). tapi kebahagiaan gue tidak berangsur lama.

mata kuliah CALL (computer assistent language literature) kalo nggak salah singkatannya begitu. pelajaran itu membahas tentang program ATM. bukan ATM yang untuk ngambil uang di bank lho. ini ATM yah bisa di bilang banknya kosakata. pelajaran ini nggak jauh-jauh dari jurusan yang gue ambil yaitu sastra Ingrris. jadi kosa kata yang ada didalam software ATM ini adalah macem-macemnya bahasa Inggris. sejenis soal elektronik gituh. nah pelajaran Call ini mengulas bagaimana cara memasukan soal kedalam software. menurut otak sombong gue, prosedur pembuatan soal dan penyimpanannya tidak begitu sulit. dan terbukti nilai gue 90.
'tepuk tangan  semua!'

mula-mula, buat soal
contoh: jenis soalnya adalah True False  alias Benar atau Salah
masing-masing soal memiliki kode tersendiri. nah untuk truefalse kodenya TF
urutan pembuatan soal di mulai dari nomor soal
1
TF
F
The new student in the class very talkative and friendly
*
*
*
*
*
*
The new student in the class IS very talkative and friendly

sebutsajah kolom pertama adalah nomor soal. kolom kedua adalah kode soal, kolom ketiga adalah jawabannya, kolom ke empat adalah soalnya, kolom berikutnya adalah bintang begitu seterusnya sampai kolom ke11 diisi jawaban yang benarnya.

kewajiban yang harus dilakukan dalam membuat soal ini adalah harus terdiri dari sebelas baris atau sebelas kolom. HARUS SEBELAS. kenapa? gue juga kurang tau. teruuus kode dan jawaban harus di tulis kapital, penyimpanan harus benar juga. kalo bikin soalnya di microsoft word berarti save as typenya 'plain text', kalo bikin soalnya di microsoft excel save as typenya text(tab delimited). penyimpanan kefoldernyapun nggak boleh salah. masuk ke folder si ATM, temuin tuh yang namanya folder research save dah dengan nama file sesuai nomor yang belum ada sebelumnya di folder tersebut. bingung yah? sama. jelasinnya bingung karena gue juga nggak paham betul istilah-istilah komputer.

nah syarat selanjutnya agar si soal itu berhasil tampil dalam layar software. microsoft word and excel yang di pake buat bikn soal itu harus di close. baru deh di cek ke softwarenya. apakah pembuatan soalnya berhasil atau gagal.

nah, pengalaman yang gue alami amat sangat pahit. ditengah-tengah kebahagian gue terselubung rasa curiga si dosen. setelah pembagian kertas UTS kemaren akhirnya sidosen ngetes mahasiswanya lagi untuk bikin soal. apesnya gue, guelah mahasiswa yang mencurigakan.
"nilai kamu sembilan kok dari tadi belom selesai. saya curiga" beliau bilang begitu. nggak hanya sampe situ ajah. beliau juga nyindir gue di depan kelas. "jangan sampe UAS nanti ada kejadian kaya sekarang ini, ujian tulis bagus tapi pas prakteknya lama. rasanya hati gue bener-bener berdebar tak beraturan campur rasa malu yang tak tertahankan. huekz. 'apesnya jadi mantan orang bodoh (hahaha mantan) dapet nilai amazing juga nggak akan dipercaya'

dari semenjak itu gue utak atik software itu sampe jari gue mau copot. nangis gegulingan dikamar. tetep GAGAL. buru-burulah gue konsultasi ama my tutorfriend yaitu robby febriyan winata. hampir sejaman gue menyaksikan dia yang penasaran juga 'kok ngga bisa' 'ada apa ini ada apa ituh'. dan YESSSSS yESSSS Yesssssss
"nih git, gue dapet"
ternyata pengaturan softwarenya yang mesti di atus secara manual dan itu diluar dari apa yang si dosen pernah ajarin kemahasiswa....howah
ribetyah nyeritain ini kalo nggak pake poto softwarenya langsung. pokonya gitu deh. selama duaminggu ini gue menjadi tersangka PERCONTEKAN. yang padahal gue tidak melakukannya sama sekali karena gue tau. nyontek itu dosa.

JELAS ajah nggak nyontek. wong ujiannya juga open note dan note gue lengkap buanget, sampe-sampe note gue hilir mudik jalan-jalan dari tangan mahasiswa satu ke mahasiswa lainnya. widiw. tapi ada sih satu soal terakhir yang gue tanya ke ELITA. tapi itu karena gue nggak paham soalnya. dikasih tau sedikit juga gue lansung paham 'ouh, soalnya nanya begini toh' maklum inggris gue masih acakkadut jadi kendala gue dalam ngerjain soal adalah "NGGAK NGERTI, SI SOAL NANYA APA"

niat gue hari ini...pengen nemuin si dosen dan minta maaf atas kekurangajaran gue jum'at lalu yang udah masang tampang judes gue dan nyeletuk nggak enak "bapak sendiri sih yang bikin saya angot. dituduh yang bukan-bukan". pokonya gue mau minta maaf supaya nillai UAS gue nanti terselamatkan. amin

gambara si ATM nya begini:
tampilan pertama

tampilan kedua

ini format pembuatan soalnya

ini hasil dari pembuatan soalnya

3 komentar:

  1. tenang saja kawan...

    tunjukan kalau kamu bisa... kalau perlu kamu hack komputer dosen kamu spy dia akui kehebatanmu :D

    BalasHapus
  2. wah, dapet nilai jelek salah. dapet nilai bagus dicurigai. hahaha,

    BalasHapus
  3. nasib jadi cewe cantik memang selalu begituh
    huahahaa

    BalasHapus