Selasa, 10 Januari 2012

Kiat untuk menjadi dan mencintai diri sendiri Vs me

buku chiken soup. tau kan buku itu?
dari gue SD buku itu udah memajang dilemari buku gue. karena bukunya tebel banget dna karena gue juga dulu paling nggak suka membaca dan karena lagi gue kira tuh buku tentang resep makanan, jadi gue memutuskan dengan tegas untuk menumpukan buku-buku chikensoup di paling bawah box buku bekas untuk siap di taro di kamar belakang. 
KATA Kimberly Kirberger

1.       Nikmati keunikanmu. (keunikan gue? mungkin gue sering ngelakuin hal-hal aneh dan gila. lebih sering nggak dapet temen partner gila. jadinya banyak yang nggak kesampean ide-ide gue)

2.       Tahu mana yang kau suka dan tidak suka.(gue paling nggak ngerti apa yang gue suka atau nggak. soalnya, semua berjalan sesuai mood gue. minggu ini ene banget liat kikil dan tumis buncis, tapi minggu depan atau bulan depan gue bisa suka ama mereka. begitulah)

3.       Menyukai apa yang kau lihat di cermin. gue selalu menyukai apa yang gue lihat dalem cermin. tapi mata orang lain berkata lain.)

4.       Sesekali, berdandanlah persis seperti apa yang kau suka, tidak berdandan seperti teman-temanmu.(sesekali. mungkin tiap freetime gue gunain waktu gue yang 85% dirumaaaaah terus selama liburan untuk dangdan untuk menjadi gita rosliani boongan. minjem makeup mamah, minjem makeup kakak, dan minjem apa ajah yang bisa bikin gue berubah tampil beda. tapi semua itu tidak bisa gue lakukan di depan umum. karena sebagian dari baju yang gue jajal pasti kesempitan)

5.       Pikirkan segala hal yang membuatmu bahagia. (bahagia itu apa sih? menurut gue, bahagia itu melihat orang-orang sekitar bahagia karena gue, gue turut bahagia. tapi tapi tapiiii kalo ada yang bahagia diatas penderitaan gue, gue JITAK!.)

6.       Berpikirlah dengan hati mu.(selalu. tapi hati dan otak gue kadang sering bertengkar. gimana donk?)

7.       Lakukan sendiri sesuatu yang kreatif.(dari SD gue selalu lakuin sesuatu yang kreatip alias ngebala atau ngeberantakin rumah. sepulang sekola kerjanya ngendep ajah dalem kamar. nyuri sabun batang dari lemari persediaan dan gue mulai sok-sokan ngukir sabun batang jadi sebuah karya seni. tapi nihil. kebanyakan dari mereka tak berbentuk dan bikin kamar berantakan tapi haruuuuum. begitu ketahuan nyokap, sabun-sabun koleksian gue dibuang tanpa ada yang disisakan. dari sabun yang berbentuk bagus sampe yang nggak. jadi, sampe sekarang gue takut berkarya semacam itu. tindakan itu biasa gue sebut "bakatku di bunuh pelan-pelan)

8.       Tentukan dalam satu hari dalam seminggu sebagai “harimu” untuk melakukan apasaja yang kau mau.(sering, dari dulu sampe sekarang gue selalu punya satu hari bersama gue. just alone. dan ada banyak hal yang gue lakukan pada hari tersebut. untuk sekarang ini, gue sedang tertular temen gue yang gamer. jadi satu hari penuh gue habiskan untuk main game)

9.       Lakukan kegiatan olahraga tanpa harus kompetisi.(olahraga tanpa kompetisi....gue paling males olahraga. fitnes ajah cuman bayar bulanannya dowang, datengnya jarang. itung-itung perjalanan gue bolak balik antara warung dan rumah adalah olahraga gue yang selama ini gue lakukan dari SD)

10.   Baca buku-buku bagus. (tentunya buku bagus yang gue baca, masa buku jelek di baca)

11.   Lakukan kebaikan untuk orang lain.(susah. kebaikan mungkin udah sering dilakukan. tapi kebaikan yang tulus dan ikhlas. sedangkan keikhlasan susah di ukurnya. awalnya ikhlas tapi tiba-tiba ada sesuatu yang terselubung. hayo)

12.   Lakukan kebajikan tanpa diketahui orang lain.(mungkin sama seperti nomor 11. menurut gue, kebajikan dan kebaikan sama ajah. cuman, kebajikan lebih sering di pake ama para superhero. dan gue bukan catwomen atau superwomen)

13.   Ketika orang memujimu, tersenyumlah dan katakan “terimakasih”. (pastinya, masa gue balikin lagi. tapi, nggak tau negatip thinking gue yang berjalan atau filling gue sedang benar. gue selalu melihat wajah orang yang muji gue dan beberapa dari mereka "nggak tulus" alias majas...jadi gue senyum-senyum ajah lah)

14.   Tanamlah atau peliharalah sesuatu dan jaga perkembangannya. (gue punya banyak piaraan. dulu. sekarang, sisa kelinci dan kura-kura. bukan karena gue nggak bisa ngerawat. tapi lebih ke paksaan seseorang. nyokap benci hamster, hamster gue yang belasan jumlahnya kudu di hibahkan ke orang lain dengan cepat. karena gue nggak mau, nyokappun memberikan gue pilihan. "kamu lagi butuh laptop kan git. kamu mau milih dibeliiin laptop, atau hamster?" maksudnya nyokap simple. gue harus singkirin tuh hamster, baru gue bisa dapet laptop. hati gue terkecoh akhirnya gue pilih laptop)

15.   Habiskan waktumu seorang diri tanpa melakukan apa-apa.(pernah! yang nomor 8 sering gue lakuin dan yang 15 ini pernah gue lakuin. gue pernah tertidur pulas bak putri tidur. kira-kira gue terlelap hampir 24jam. dan guepun pernah sendirian dikamar tepatnya didepan lapto. nggak tau kenapa, kalo lagi dirumah, depan laptop, padahal sebelum buka laptop ada ide yang mau gue tulis begitu udah buka "blank!" hilang ditelan kecoa...bengong deh gue depan laptop)

16.   Jadikan kamarmu ruang pribadi, hiasilah, pajanglah poto-poto teman atau apa saja yang membuatmu bahagia. (nggak bisa. gue sekamar ama mpok gue. walopun sekarang dia udah nikah dan ikut suaminya tapi seminggu sekali mereka kerumah dan tidur dikamar, tinggallah gue tidur di ruang tengah bawah atau dikamar ade gue. jadi gue nggak bisa bebas mendekor kamar)

17.   Maafkan dirimu untuk semua kesalahan yang pernah kaulakukan dan mulai lagi dari awal yang baik.(sepertinya, memaafkan orang lain lebih mudah daripada memaafkan diri sendiri. karena keegoisan gue kadang muncul dan merasa bahwa gue nggak bersalah walau orang lain menilai 'gue amat sangat salah')

18.   Impikan segenap impian besar bagi dirimu dan percayalah bahwa segala angan-angan mu bisa menjelma kenyataan. (gue sering memimpikan impian-impian besar gue. lebih tepatnya lagi berangan-angan. tapi gue takut kalo sampe terjatuh nanti, rasanya bisa sakit. sakiiiiiiiiiiiiiiiiiit banget)

19.   Katakan sesuatu yang manis kepada dirimu sendiri setiap hari. (gue berguna bagi nusa dan bangsa. berguna dunia dan akhirat..amin) 

20.  Mulailah setiap hari dengan rasa nyukur alhamdulillah. (pastinya. karena rasa syukur membuat hati tenang)

·         Menjadi diri sendiri erat hubungannya dengan merasa nyaman di balik kulitmu sendiri.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar