Selasa, 08 Mei 2012

Hiperhidrosis

hmmmmmm "FYI ajah ini mah"

ada yang tahu apa itu hiperhidrosis
mari kita jabarkan
hiper. seperti yang gue pribadi ketahui. di dalam pelajaran bahasa indonesia 'hiperbola' artinya berlebihan berarti hiper adalah berlebih
hidro. kalo sering gue denger-denger di iklan penambah cairan tubuh. mungkin hidro adalah cairan atau jalur keluarnya cairan (keringet)
jadi, hiperhidrosis adalah keringet berlebih. (singkat)

siapa sih yang nggak pernah berkeringat?
juga iklim tropis di indonesia sangat memicu keluarnya keringet.
umumnya keringet akan keluar ketika di pancing. alias di pancing suhu panas dalam atau luar tubuh. keringet juga sangat bermanfaat, karena dengan keringet kita bisa menjaga kelembaban tubuh dan bisa membuang kalori atau lemak yang ada di tubuh keluar bersamaan dengan keringet (kata iklan pelansing tubuh)

tapiiiiiiiii, kalo kasusnya hiperhidrosis begimana?
panas, dingin, belom mandi, baru selesai mandi tetep ajah keringetan. gimana?
ada banyak sih produk-produk penghilang keringet atau yang tetap kering sepanjang hari, dan anti kerut *lhoh
menurut gue, itu useless. gue sebagai pengidap hiperhidrosis merasa tertipu oleh produk-produk itu
mungkin orang-orang ngira gue nggak mampu beli deodorant penghilang keringet. gue mampu kok, selama harnganya wajar dan masuk akal + uangnya ada di dompet, gue pasti beli. tapi apa? nggak ada efeknya. sampe akhirnya gue pasrah. jika kamu mengidap hiperhidrosis. apa perasaan mu?

minder? "pasti"
karena nggak cuman keringet yang nggak bisa di kontrol. kata iklan sabun sehat, keringet itu tempat bakteri berkembang dan tahu kan bakteri akan menimbulkan apa? "yup! BAU"... jika kamu jadi aku, apa perasaan kamu ketika berada di samping orang dan orang itu nutup idungnya? walau lo bukan hiperhidrosis sekalipun, lo pasti tersinggung, bukan?

pernah nonton twillight I?
pernah donk pasti.
inget adegan si edward nahan aroma darah si bella?
yang si edward kejang-kejang nggak nahan ama aromanya bela. apalagi pas bela ketiup kipas angin..fiuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuh. si edward makin kejang kaya orang ayan. antara mau bunuh diri atau bunuh si bella.
nah kurang lebih seperti itu respon orang-orang normal kepada orang yang hiperhidrosis.

malu?
jangan di tanga...gue maluuuuuuuuuuu banget

tertekan?
apa lagi. hampir tiap malem gue nangis meronta-ronta sambil marahin si keringet. tapi mereka cuek ajah.

alhasil, gue pasrah.
yang mau temenan ama gue, hayuuuuuuuu. yang mau jauhin gue, silahkan. yang mau bully gue, monggo. yang mau hina-hina gue sampe bibir nya jamuran, sakarepmu.

walau kelihata nggak ada usaha untuk sembuh. tapi, memang susah cara nyembuhinnya. lebih tepatnya mahal. gue udah buka usaha ini itu sampe jatuh bangun dan akhirnya buka BENERANCRAFT tujuan utama gue sih memang ngumpulin uang buat sembuhin hiperhidrosis ini. yup semoga terkumpulkan.

andai ajah obatnya murah. semurah deodoran di pasaran, mungkin gue udah sembuh dan udah nggak di jauhin sama orang-orang. huft. hanya ada 4 cara  untuk nyembuhin hiperhidrosis hasil dari browsing info kesehatan

  1. Konsumsi obat seperti antikolinergik yang dapat mengurangi hiperhidrosis dalam kurang lebih dua minggu. Namun obat ini mempunyai efek samping seperti sembelit, mulut kering, pusing, dan sebagainya.
  2. Cara lain adalah dengan suntik botolinum toksin yang memblokir saraf yang memicu kelenjar keringat. Suntik ini biasanya dalam kurun waktu 6-7 bulan sekali.
  3. Iontophoresis, yaitu memberi aliran arus listrik ke tubuh sengga kelenjar keringat dapat diblokir.
  4. Pembedahan, yaitu dengan melepaskan kelenjar keringat. Prosedur ini hanya dilakukan dalam beberapa kasus yang langka.
yang sering gue denger adalah cara yang nomor dua. katanya, artis2 suka suntik ini. biar kelihatan seger dan nggak demek keringetan. huft mahal yah....

ya udah. cuman kepingin buka mata kalian para non hiperhidrosis. mereka begini bukan kemauan mereka. ini kelainan atau penyakit yang penyembuhannya nggak sembarangan. jangan klaim mereka jorok atau hal yang menjijikan. sehingga bisa seenak jidat kalian ngehina-hina mereka.

aku bukan penyendiri
aku hanya tak ingin mengganggu suasana
dan aku tak ingin merasakan malu yang berlebihan
itu saja. adil, bukan?



1 komentar: